SOS Children's Village Bali

Pulau Bali terkenal dengan keindahan alam dan adat istiadatnya. SOS Children’s Village Bali terletak di desa Tabanan yang berjarak 30 kilometer dari Denpasar, ibu kota Provinsi Bali. SOS CV Bali berlokasi di jalan utama yang menghubungkan kota Denpasar dengan pelabuhan Gilimanuk yang berada di barat pulau Bali. SOS Children’s Village berdiri diatas lahan sebesar 18 hektar.

 
 
SOS Children’s Village diresmikan pada tanggal 23 Oktober 1991 yang dihadiri oleh Helmut Kutin, Presiden dari SOS-Kinderdof Internasional. Terdiri dari 12 rumah, sebuah rumah pimpinan village, kantor, aula multiguna, perpustakaan dengan lab komputer, pura desa dan beberapa bangunan administrasi.
 
Di dalam village terdapat sebuah kebun besar  yang menyediakan buah-buahan  bagi semua penghuni SOS Children’s Village Bali. Tak ketinggalan, dua buah kolam ikan yang menyediakan ikan-ikan segar untuk dikonsumsi.
 
Di SOS Children’s Village Bali, anak-anak dibesarkan sesuai dengan tradisi budaya setempat, yang tergambar dari kesenian musik dan tarian tradisionalnya. Olahraga juga sangat digemari di SOS Children’s Village Bali. Anak-anak mengikuti pelatihan khusus dan kompetisi diberbagai cabang olahraga seperti bola voli, sepakbola dan atletik.

 

Taman Kanak-kanak disediakan untuk memfasilitasi anak-anak balita, yang terbuka juga bagi masyarakat disekitar village. TK SOS menyediakan tempat bermain yang sangat luas untuk  murid TK serta anak-anak SOS Children’s Village.
 
Para remaja umumnya pindah dari village ke rumah remaja ketika mengikuti kursus keterampilan atau menempuh pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Dengan dukungan dari para edukator yang terpilih, remaja-remaja ini belajar untuk mengembangkan perspektif yang realistis tentang masa depan, belajar bertanggung jawab dan berani mengambil keputusan sendiri. Merekapun dilatih untuk mengembangkan semangat kerja tim, menjaga hubungan dengan sanak keluarga dan teman, termasuk juga para aparat sekitar dan pihak-pihak yang berpotensi untuk mempekerjakan mereka.
 
SOS  Social Center menawarkan program penguatan bagi keluarga, penyuluhan kesehatan, dan konsultasi psikologi. Program ini dirancang untuk memastikan anak-anak memiliki akses ke pelayanan penting, seperti akses pendidikan kesehatan dan mendapatkan dukungan secara psikologi. Setiap keluarga diberikan pengetahuan tentang pengasuhan anak yang berkualitas, pelatihan untuk mendapatkan penghasilan tambahan, bagaimana berhubungan dengan pemerintah daerah setempat. Saat ini kemampuan mereka dalam mengasuh anak dan kesadaran akan pentingnya hak dasar anak semakin meningkat.


 

  • Atas
  • Cetak