Marina Lolang, Ubah Rasa Takut Jadi Prestasi
Februari 12 2019

Demi masa depan, Rina berhasil meyakinkan ayah ibu dan dapatkan ijin merantau ke Bandung. Agustus 2018 bersama 14 anak muda dari SOS Children Village Flores, Medan dan Lembang, Rina mengikuti pelatihan kerja di sebuah hotel bintang lima di kota Bandung.

Memiliki pekerjaan yang baik dan membanggakan orangtua adalah impian seluruh anak muda. Begitu juga dengan Yosefina Marina Lolang, remaja asal Flores Nusa Tenggara Timur. Tercatat sebagai salah satu  remaja dampingan program penguatan keluarga (FSP) SOS Children’s Village Flores, gadis berambut ikal ini  tak pernah bermimpi pergi dari kota kelahirannya untuk bekerja. Tetapi tawaran menarik dari program Youth Career Initiatiev (YCI) SOS Children’s Villages menggelitik Rina untuk mencari lebih banyak ilmu.

Seleksi pelatihan YCI dilakukan awal 2018, Rina yang lulusan SMA di Flores ini berusaha dapatkan ijin dari papa mamanya untuk pergi ke Bandung mengikuti pelatihan. “Dua tahun lalu, kakak pergi kerja ke Jakarta tidak pamit. Papa mama sedih dan takut aku akan pergi juga tinggalkan mereka” ujar Rina menceritakan pengalaman keluarganya.

Demi masa depan, Rina berhasil meyakinkan ayah ibu dan dapatkan ijin merantau ke Bandung. Agustus 2018 bersama 14 anak muda dari SOS Children Village Flores, Medan dan Lembang, Rina mengikuti pelatihan kerja di sebuah hotel bintang lima di kota Bandung. Tak memiliki dasar ilmu tentang pekerjaan hotel membuat Rina kikuk saat berhadapan dengan mewahnya hotel bintang lima. “Saya bingung waktu  pertama kali masuk ke hotel,  ruangannya mewah, karyawannya berseragam rapi, memakai sepatu dan kaos kaki stocking untuk perempuan. Dapurnya besar dengan peralatan canggih, dan semua karyawan pintar berbahasa Inggris” cerita Rina saat awal ia belajar.

Selama enam bulan, Rina tergabung dalam unit F&B Departemen Bunqet. Gadis supel yang periang ini, termasuk anak yang cekatan. “Rina anak yang menyenangkan dan cerdas, ia cepat sekali mengerti setiap pelajaran yang diberikan. Dia salah satu peserta berprestasi dan memiliki attitude baik. Kadang dia bekerja melebihi waktu, karena ingin terus berlatih dan membantu temannya yang belum selesai.” ungkap salah satu senior staff di Hotel Four Points by Sheraton Bandung tempat Rina latihan kerja.

Rina telah menyelesaikan program pelatihan kerja dan diwisuda sebagai peserta berprestasi pada 31 Januari 2019. Di hadapan para tamu yang terdiri dari GM Hotel bintang lima, Rina menyampaikan terima kasih dalam tata bahasa Indonesia yang baik digabung beberapa kata berbahasa Inggris. Rina membuktikan dari kerja kerasnya, ia menjadi anak muda yang siap bersaing dalam dunia kerja. Dari 14 peserta pelatihan kerja YCI, 10 remaja mendapatkan kesempatan melanjutkan kerja di empat hotel bintang 5 di Bandung termasuk Rina. “Setelah pelatihan ini, saya akan bekerja di Bandung, papa dan mama sudah berikan ijin. Saya akan buat mereka bangga karena saya punya prestasi.” ujarnya penuh bangga.

Berbagai program kepemudaan dirancang dalam upaya membuka kesempatan bagi anak muda SOS, mengembangkan keterampilan agar mampu bersaing dalam dunia kerja. Rina adalah satu kisah sukses anak muda SOS yang berhasil. Dukungan dari Sahabat melalui donasi yang diberikan akan membuka kesempatan bagi ribuan lain anak muda SOS yang bersiap wujudkan mimpi.  Bersama kita bantu anak muda menjadi generasi hebat masa depan.