Family Strengthening Programme

Tempat terbaik untuk tumbuh kembang seorang anak adalah di dalam pengasuhan dan perlindungan keluarganya. Supaya keluarga-keluarga mampu menyediakan lingkungan yang asah-asih-asuh, stabil, dan aman, SOS Children's Villages memberikan pelayanan dasar langsung kepada anak dan juga meningkatkan kapasitas orang tuanya.

SOS Children's Villages juga memperkuat dukungan sistem sosial di komunitas untuk memberdayakan & memperkuat kapasitas keluarga agar mampu memberikan pengasuhan berkualitas untuk anak-anaknya yang bertujuan pada kemandirian keluarga tersebut.



Kestabilan keluarga diciptakan dan hubungan orang tua dan dan anak diperkuat melalui pelatihan parenting, hak-hak anak, resolusi konflik dan lain-lain. Berbagai keterampilan seperti perencanaan keluarga, perencanaan keuangan keluarga dan mencari pekerjaan juga diberikan. SOS Children's Villages Indonesia bekerja sama dengan berbagai mitra dan lembaga masyarakat, memperkuat masyarakat atau komunitas agar mampu membantu keluarga-keluarga dan memperkuat jaring pengaman untuk anak-anak yang terlantar serta keluarganya di dalam sebuah komunitas.



Penguatan keluarga bisa juga termasuk pelayanan lain untuk komunitas yang lebih luas, seperti taman kanak-kanak, mobile play groups, day care untuk anak yang ibunya bekerja, dukungan untuk remaja yang orang tuanya meninggal atau sakit, penasehat hukum (misalnya, hak-hak berdasarkan hukum dan hak-hak memperoleh pelayanan dari pemerintah). 

Berbagai dukungan tersebut akan diberikan hingga mandiri dan mampu memberikan pengasuhan yang layak kepada anak-anaknya. Ini berarti bahwa keluarga tersebut telah mempunyai pengetahuan, keahlian, dan sumber daya yang cukup untuk memberikan perlindungan kepada anak-anaknya serta telah mampu memenuhi kebutuhan dasar anak-anaknya, termasuk kelangsungan hidup dan perkembangannya saat ini dan seterusnya.
  • Atas
  • Cetak