Om Baco dari Desa Wuring

Wuring adalah nama desa di Kecamatan Alok Barat Flores. Saat bencana tsunami 22 tahun lalu, desa ini hilang tersapu gelombang laut. Setelah bencana, pemerintah melarang penduduk kembali ke wilayah Wuring laut karena rawan terhadap gelombang laut. Tetapi penduduk yang sebagian besar adalah nelayan, tak punya pilihan selain kembali menetap di desa Wuring Laut. Dan sebagian penduduk lain mengikuti aturan pemerintah untuk menetap di Wuring Darat yang lebih aman.




Pemahaman kesehatan penduduk desa Wuring masih sangat minim, kondisi ini membuat banyak anak kekurangan gizi dan puluhan ibu hamil mengalami gangguan kehamilan. Kondisi ini mengundang keprihatinan Om Baco salah seorang aktifis FSP SOS Children's Village Flores. Sejak 2007 SOS Children's Village Flores bersama program FSP (Family Stranghtening Program) membantu penduduk desa Wuring Barat. Bersama om Baco yang juga salah satu  kader Posyandu terbaik di desa Wuring, berbagai kegiatan mulai dirintis untuk kesejahteraan masyarakat. Di sebuah posyandu yang berada di Wuring Darat, Om Baco bersama tim FSP membentuk posyandu ibu hamil dan posyandu lanjut usia. Berbagai penyuluhan kesehatan diberikan untuk menekan angka kematian balita dan ibu hamil karena gizi buruk. Usaha Om Baco mengedukasi masyarakat Wuring Darat bisa berjalan baik karena dukungan tim FSP SOS CV Flores. Edukasi kesehatan  semakin lengkap dengan berbagai kegiatan tambahan seperti pertanian, peternakan dan pengelolaan keuangan melalui koperasi simpan pinjam.

Pemahaman kesehatan semakin baik seiring terus berjalannya program pendampingan ini. Kesehatan ibu hamil mulai dipantau sejak awal kehamilan, sehingga kematian bayi saat lahir semakin berkurang. “Ayo bapa ibu, kita bekerjasama untuk kesehatan penduduk Wuring Darat. Tahun depan Wuring Laut harus mandiri ya posyandunya” ucap Om Baco yang selalu termotivasi para orangtua disela-sela penyuluhannya. Dengan hadirnya posyandu FSP SOS Children's Village Flores, kehidupan masyarakat Wuring perlahan menunjukkan kemajuan baik kesehatan dan ekonominya.  
   
  • Atas
  • Cetak