Memasuki bulan suci Ramadhan, Village Banda Aceh yang seluruh anak dan ibunya beragama Islam, bersiap menyambutnya dengan penuh sukacita. Berbagai kegiatan keagamaan disiapkan untuk anak-anak untuk menyambut hari kemenangan Idul Fitri. Mushola di tengah village pun berdandan bersih agar nyaman digunakan untuk ibadah sholat tarawih.


Berbagai perusahaan, komunitas, perorangan hingga pemerintahaan pun turut berbagi sukacita Ramadhan bersama anak-anak di Village Banda Aceh. Salah satunya diadakan pada 7 Juni 2017. Buka puasa meriah diadakan bersama di village yang berlokasi di Daarul Imarah, Aceh Besar. Beberapa sahabat SOS dari Yubi Aceh, Portalsatu.com, Dinas Sosial Aceh, BP3A kota Banda Aceh, P2TP2A Banda Aceh, ‘PekSos’, dan aparat desa Lamreung pun memenuhi pendopo village. Hidangan buka puasa  yang tersaji  dimasak langsung oleh para ibu secara bergotong royong sejak pagi hari.  Acara buka puasa ini diawali dengan tausiah untuk memperkuat iman dan taqwa di bulan suci ini.

ramadan-di-banda-aceh.png

Indahnya berbagi di bulan suci mungkin nampaknya menjadi prinsip bagi sebagian banyak orang. Ajakan buka puasa bersama pun terus berdatangan dan menjadi rezeki luar biasa di bulan penuh rahmat ini.  Pada 8 Juni 2017, kakak-kakak dari FKIP Universitas Syiah Kuala pun turut berbagi sukacita Ramadhan bersama adik-adik di Village Banda Aceh.
Menjelang hari raya, pulang kampong juga menjadi satu tradisi di Village Banda Aceh. Anak-anak yang masih mempunyai sanak saudara akan dijemput untuk merayakan hari raya bersama di kampong. Sisanya akan merayakan idul fitri di village atau turut serta pulang ke kampung halaman Ibu mereka. Suasana sepi mulai terasa hingga nanti usai hari raya Idul Fitri.


Selamat menjalankan ibadah Ramadhan untuk seluruh saudara di Indonesia. Mari kita sambut hari kemenangan dengan penuh sukacita.
  • Atas
  • Cetak