Program Pelatihan Kewirausahaan Bagi Remaja SOS Children’s Village Bali

Memasuki era globalisasi, kaum muda dituntut memiliki keterampilan yang memadahi agar dapat bersaing di dunia kerja. Untuk membekali para pemuda dengan skill yang memadahi, Stella’s Child, sebuah lembaga sosial yang peduli masa depan generasi muda Indonesia mengajak remaja di SOS Children’s Village Bali mengikuti program pelatihan enterpreunership atau kewirausahaan.

Dimulai pada 1 April 2016 lalu, bertempat di Village Bali, sekitar 20 remaja mendapatkan sosialisasi pengenal profesi kerja. Pada salah satu sesi pelatihan, I Kadek Aditya putra Ibu Made Sriadi, terpilih untuk melakukan simulasi langsung wawancara kerja. Remaja kelas 1 SMAN 1 Tabanan ini memberanikan diri memilih sebuah profesi yang menantang kemampuan dirinya yaitu menjadi Manager Pemasaran. Dengan kemampuan bahasa Inggris yang ala kadarnya, Adit, begitu Ia biasa disapa, berhasil lolos pada wawancara di depan para manager, owner, dan direktur.

web-Pelatihan-Kewirausahaan-Bali.png

Walau hanya berupa simulasi, kegiatan yang rutin dilaksanakan tiga kali dalam seminggu selama hampir setahun ini, memberikan banyak manfaat bagi pesertanya. Di dalam setiap pertemuan, Bahasa Inggris menjadi  salah satu  pelajaran utama untuk membangun kapasitas diri remaja dalam dunia kerja. Tak hanya berbahasa Inggris dengan benar, para remaja juga mendapatkan pelatihan menulis lamaran kerja dalam Bahasa Inggris.

Pelatihan yang berakhir pada Mei 2017 ini memberikan kontribusi besar membangun kepercayaan diri para remaja sekaligus mempersiapkan remaja memasuki dunia kerja dengan kemampuan yang baik.  Menjadi suatu kebanggaan bagi Adit yang  terpilih menjadi Best Perfomance As Manager dalam program pelatihan kewirausahaan ini. Ia ingin segera membagikan ilmunya kepada teman-teman remaja di Village Bali.    
  • Atas
  • Cetak