Ibu merupakan titik sentral dari sistem pengasuhan SOS Children’s Villages. Para Ibu di SOS diharapkan dapat memberikan kasih sayang dan rasa aman yang diperlukan oleh setiap anak sebagaimana yang dilakukan oleh seorang ibu kandung di rumah.
 

Sebagai upaya meningkatkan kapasitas ibu, SOS Children’s Villages melaksanakan kegiatan Mother Refresher Training (MRT) bagi seluruh ibu SOS di delapan village. Memberikan kesempatan bagi para ibu melepas sejenak rutinitas melalui pelatihan yang diperlukan bagi pengembangan diri, pertemuan yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali ini diisi dengan berbagai jenis kegiatan belajar dan rekreasi.
 

Pelatihan tahun 2017 ini dibagi menjadi tiga region pelaksanaan yaitu region timur meliputi Village Flores dan Bali, region Jawa memfasilitasi Village Lembang, Jakarta, dan Semarang, serta region barat yang merupakan gabungan dari Village Medan, Banda Aceh, dan Meulaboh. Setiap region dilaksanakan menjadi dua gelombang sehingga para ibu dapat bergantian mengawasi rumah keluarga dan anak-anak agar tetap aman selama dtinggalkan untuk kegiatan MRT.

MRT-web.png
 

“Parent Management Training” adalah tema besar MRT 2017. Tahap pertama dilaksanakan untuk region timur yang diadakan pada 20 – 26 Agustus 2017 dan 3 – 9 September 2017. Bertempat di Maumeren Flores, setiap gelombang diikuti oleh 15 ibu SOS yang berasal dari Village Bali dan Flores. Melibatkan narasumber yang piawai di bidang pengasuhan, materi yang disampaikan antara lain tentang pola pendampingan anak yang sesuai di era milenial untuk mengatasi kesenjangan pengasuhan, latihan identifikasi perilaku dan karakter anak, serta mencari pola perlakuan yang sesuai kepada anak jika terjadi masalah.
 

Mengikuti kesuksesan MRT region timur, pada 5 – 12 September 2017 dilaksanakan pelatihan untuk pada ibu SOS regio Jawa yaitu Village Lembang, Jakarta dan Semarang di Kota Gede Yogyakarta. Dengan materi yang sama dan didukung para narasumber andal, diharapkan saat kembali dari pelatihan para ibu dapat menerapkan pola interaksi dengan anak yang lebih baik lagi. Selain materi pengasuhan, pada pelatihan regio Jawa diberikan materi tentang merancang masa tua yang bahagia bagi para ibu. Sebagai village pendahulu, beberapa ibu di Jakarta, Lembang, dan Semarang di tahun 2017 ini mulai memasuki persiapan pensiun. Diharapkan setelah pensiun para ibu tetap produktif dan memiliki kretivitas untuk mengisi hari-hari tua mereka.
 

Kegiatan positif yang selalu ditunggu oleh para ibu ini akan berlanjut di tanggal 15 – 22 September 2017 untuk gelombang dua region Jawa. Pada Oktober 2017, MRT akan diadakan untuk para ibu region barat di Banda Aceh. Di akhir pelatihan, para ibu diberi kesempatan untuk menikmati wisata selama beberapa hari untuk sejenak melepas penat dan mengisi kembali tabung semangat untuk kembali menjalani kehidupan dalam keluarga SOS. Perasaan gembira terlihat dari wajah para ibu saat mereka bisa menikmati liburan sejenak dan mengambil waktu pribadi tanpa beban dengan tugas dan rutinitas. "Bisa pergi ke Flores rasanya seperti mimpi. Tapi, hari ketiga sudah kangen dengan anak-anak yang mengirim pesan di handphone 'ibu kapan pulangnya'?" Sepenggal cerita Ibu Yuyun dari Village Bali yang gembira bisa mengikuti kegiatan MRT 2017 walau dilanda rindu dengan anak-anaknya.

  • Atas
  • Cetak