Ibu Indah dan Inspirasinya Menjadi Ibu SOS

Hari itu di sebuah dusun di kaki Gunung Merapi, langit terlihat mendung seakan menemani duka yang dirasakan Maria Goreti Indah Winarti, salah satu Ibu di SOS Children’s Village Bali. Ia tak henti meneteskan air mata saat harus berpisah selamanya dengan Ibu Purwanti yang membesarkannya di rumah Hermann Gmeiner SOS Children’s Village Jakarta. Selembar foto didekapnya selama pemakaman dilaksanakan beberapa waktu lalu. “Ibu adalah inspirasi saya dan beliau yang membawa saya menjadi seorang Ibu SOS seperti sekarang,” isaknya.
Ibu Indah adalah mandiriwan dari Village Jakarta yang pernah merasakan hari-hari penuh kasih sayang dari seorang ibu yang yang tak melahirkannya. “Disuapin ibu, diantar ke sekolah, dimarahin ibu, dipeluk ibu, dinyanyikan ibu, itu semua saya alami sejak kecil. Bahagia rasanya,” ujar Indah kala mengenang Ibu Purwanti. Kanker menyudahi tugasnya Ibu Purwanti menjadi ibu. Akan tetapi, Ia tak pernah berhenti untuk terus mencintai dan memberi contoh yang baik kepada anak-anaknya.

Lebih dari 20 anak diasuh Ibu Purwanti sejak tahun 1984 dan Ibu Indah merupakan salah satu anak yang diasuhnya sejak balita. Keputusan Ibu Indah menjadi seorang ibu di SOS Children’s Villages Indonesia terinspirasi dari sosok Ibu Purwanti. Ini bukan keputusan yang mudah baginya, tetapi ada cinta luar biasa yang dirasakannya sejak kecil membuat Ibu Indah tak ingin mencoba pekerjaan lain setamat dari SMA. “Menjadi ibu adalah pekerjaan mulia. Saya begitu dicintai oleh ibu. Saya harus bisa memberikan cinta itu untuk anak-anak juga,” ujar perempuan kelahiran 1985.



Ibu Indah kini menjadi ibu di Rumah Anggrek Bulan yang mengasuh delapan anak. Kesulitan yang dialami di tahun-tahun pertama menjadi Ibu menjadikan ia terus belajar untuk menjadi ibu yang baik dan teman bagi anak-anaknya. Ia tidak belajar dari buku-buku, tetapi ingatannya pada sosok ibu yang merawatnya adalah pelajaran yang diterapkan di kesehariannya. “Saat kita iklas menjalankan peran ini, tak ada beban yang dialami. Terima kasih Ibu Purwanti yang selalu mencintai saya dengan tulus. Saya akan buat ibu bangga dengan menjadi ibu yang baik,” pungkasnya penuh bahagia karena bisa menjadi sumber kasih sayang bagi anak-anak yang tak pernah dilahirkannya.  

Ibu merupakan sosok penting dari pengasuhan berbasis keluarga yang diterapkan oleh SOS Children’s Villages Indonesia. Kasih sayang para Ibu inilah yang menjadikan ribuan anak bisa merasakan kembali hangatnya keluarga dan dapat tumbuh menjadi pribadi yang mandiri. Para Ibu ini, meski tidak melahirkan anak-anak yang diasuhnya, cintanya tak kurang dari seorang Ibu yang mencintai anaknya. Selamat hari Ibu untuk semua Ibu di Indonesia.
  • Atas
  • Cetak