Empat Hotel di Bandung dukung SOS Children’s Villages Tekan Angka Pengangguran Anak Muda

Survei International Labor Organization (ILO) tahun 2016 menunjukkan tingkat pengangguran anak muda usia 15-24 tahun yang masih tinggi mencapai 4 juta jiwa.  Tingkat pendidikan dan penguasaan keterampilan yang rendah serta kurangnya jaringan dan pengalaman kerja menjadi faktor yang mendorong angka pengangguran anak muda ini. Anak-anak yang telah kehilangan pengasuhan orang tua dan tinggal di pengasuhan alternatif rentan terhadap faktor-faktor risiko ini. SOS Children’s Villages Indonesia, sebuah organisasi nirlaba yang bergerak dalam bidang pengasuhan anak berbasis keluarga, melalui program YouthCan! menggandeng korporasi untuk mendukung sekitar 2.000 anak muda di 10 kota di Indonesia untuk mendapat akses terhadap pendidikan dan keterampilan sebagai bekal menapaki karir di masa depan.

YCI-Hilton-1.png

Di pertengahan tahun 2018 ini, SOS Children’s Villages Indonesia bekerja sama dengan Youth Career Initiative (YCI), lembaga internasional yang memberikan pelatihan perhotelan untuk anak-anak muda yang rentan, beserta Hotel Hilton, Hotel Four Points, Hotel Courtyard Marriott, dan Hotel Sheraton di Bandung, memberikan pelatihan di bidang perhotelan kepada anak muda terpilih. Program ini akan berlangsung selama 6 bulan mulai dari 1 Agustus 2018 – 31 Januari 2019. Selama training, anak muda terpilih ini mendapat kesempatan langsung mencicipi berbagai pekerjaan di dunia perhotelan mulai dari kitchen, purchasing, serta housekeeping.

“Kerja sama ini sekaligus memberikan kami kesempatan untuk mewujudkan salah satu core value Marriott International, Serve Our World. Artinya kami selalu berusaha menciptakan dampak positif yang berkelanjutan dimanapun kami beroperasi. Selain itu, kami juga bisa mendapat potensi sumber daya manusia yang baik untuk keberlanjutan kami di masa depan. Kami percaya, anak-anak muda ini mempunyai potensi yang luar biasa,” ujar Bapak Kadek Suartana, General Manager Courtyard by Marriott Bandung Dago.

YCI-Hilton-3.png

Kerja sama ini merupakan kerja sama tahap dua setelah di tahun 2017 SOS Children’s Villages Indonesia menggandeng Hotel Hilton untuk memberikan training kepada 5 anak muda. Menggandeng lebih banyak partner hotel, program kerjasama tahun ini akan memberikan manfaat kepada 14 anak muda. “Anak-anak kita tentu sangat terbantu dengan kerja sama ini. Kami harapkan lebih banyak lagi rekan-rekan korporasi yang bisa turut mendukung pemenuhan kebutuhan pendidikan dan keterampilan anak muda, sehingga mereka bisa mempunyai bekal yang berguna untuk bersaing di dunia kerja,” kata Gregor Hadi Nitihardjo, National Director SOS Children’s Villages Indonesia.

SOS Children’s Villages melalui program YouthCan! mengundang para mitra korporat lain untuk bergabung dalam inisiatif ini dan secara aktif berkontribusi terhadap Sustainable Development Goals, nomor 4, 8, dan 10 dengan menggunakan pendidikan dan pelatihan dan mengurangi pengangguran pemuda, sehingga para pemuda mampu keluar dari garis kemiskinan dan mendapat kehidupan yang layak.
  • Atas
  • Cetak