Guna mengembangkan kemampuan para guru dan edukator di SOS Children’s Villages agar dapat mendampingi dan mempersiapkan anak di usia dini memasuki jenjang pendidikan dasar dengan lebih baik, diselenggarakanlah pelatihan penggunaan ‘Workbook’, program kerjasama SOS Children’s Villages Indonesia bersama Astragraphia.

IMG_2918-sos-ag-mdn-1.png

Bertempat di village Medan, para guru PAUD dan TK mengikuti pelatihan yang diberikan oleh Bapak Misran Lubis, narasumber dari PKPA (Pusat Kajian dan Perlindungan Anak) Kota Medan dan Ibu Lusiana dari Balai Pelatihan PAUD Dikmas. Pelatihan  ini merupakan upaya SOS Children’s Villages Indonesia meningkatkan kapasitas melalui media pembelajaran yang tepat bagi anak usia dini melalui pendidikan holistik dan integratif.

Usia 0 – 5 tahun adalah periode emas yang sangat penting bagi perkembangan intelektual anak. Sebuah penelitian di bidang neurologi menjelaskan 50 % kecerdasan anak terbentuk dalam kurun waktu empat tahun pertama. Melalui pendidikan anak usia dini, berbagai perkembangan aspek emosi, sosial, dan potensi akademik diharapkan mendapatkan pendampingan yang tepat.

IMG_2918-sos-ag-mdn-2.png

Mengambil tema ‘Anak Cerdas dan Kreatif’, pelatihan yang dilaksanakan pada 15 – 16 April 2017 ini diikuti lebih dari 20 orang guru yang berasal dari SOS Children’s Village Medan, Banda Aceh, dan Meulaboh. Dalam pelatihan ini, diberikan juga pengetahuan tentang pendidikan inklusi (kapasitas mendampingi anak didik berkebutuhan khusus), sehingga dapat menambah kemampuan para pendidik untuk siap mendampingi anak dalam berbagai kondisi. Diharapkan pula, tidak ada lagi diskriminasi pendidikan bagi anak-anak berkebutuhan khusus yang menyebabkan mereka tidak dapat bersekolah di sekolah umum.

IMG_2918-sos-ag-mdn-3.png

Pelatihan ‘workbook’ ini akan berlanjut di bulan Mei 2017 bagi para guru PAUD dan TK di SOS Children’s Village Flores. “Workbook ini menjadi media pembelajaran bagi kami para guru utnuk mempersiapkan anak didik memasuki pendidikan dasar,” tutur Ibu Syukrina Mahmud, Guru TK SOS Children’s Village Banda Aceh.
  • Atas
  • Cetak