“Kalau saya harus menceritakan tentang ibu, video lima menit, satu jam, bahkan 40 episode pun tak selesai menggambarkan bagaimana peran ibu dalam hidup saya,” sepenggal ucapan Lianto Luseno salah seorang narasumber pada acara Bedah Film ‘Aku Ingin Ibu Pulang’. Sabtu, 16 Desember 2018 bertempat di Kinosaurus, Kemang, Jakarta Selatan, sekitar 20 penggiat film mengikuti nonton bareng film “Aku Ingin Ibu Pulang” produksi Maxima Picture dan diskusi membuat film pendek bersama Satrio Pamungkas, Dosen Kajian Film Institut Kesenian Jakarta dan Lianto Luseno, sutradara dan produser.

SOS Children's - Bedah Film

Kegiatan yang diadakan dalam rangkaian perayaan hari ibu ini, mengajak kaum muda memberikan apresiasi kepada para ibu melalui film. Berbagai pendapat tentang ibu diungkapkan peserta yang terdiri dari mahasiswa, penggiat film, blogger hingga guru SMA di Jakarta. “Ibu yang berjuang untuk saya, mengajarkan saya berani, mengajarkan saya pantang menyerah. Saya saat ini berdiri disini karena ibu,” ungkap seorang peserta penuh haru.
Dalam kelas ‘Ayo Membuat Film Pendek’, beberapa tips disampaikan diantaranya pemilihan tema film, jenis kamera yang dapat digunakan bagi pemula, durasi film hingga tren dunia perfilman saat ini. Melalui film banyak yang dapat disampaikan dalam gambar, suara, ekspresi hingga narasi.

Geliat anak muda dalam membuat film saat ini patut diacungi jempol. Didukung perkembangan teknologi, seperti YouTube, kini anak muda dapat memamerkan hasil karyanya berupa vlog, film pendek, bahkan film berdurasi panjang. Melihat antusias para pemuda, menyambut hari Ibu SOS pun mengajak para pemuda mengekspresikan cintanya pada Ibu dalam bentuk audiovisual melalui kompetisi film pendek bertema #DiaIbu sebagai apresiasi bagi para ibu di Indonesia.

Pada bedah film ini dilakukan juga sosialisasi mengenai kompetisi tersebut. Kompetisi yang telah dimulai pada November 2017 akan ditutup pada Februari 2018.

Link video berdurasi makasimal 4 menit  karya peserta yang telah diunggah di youtube dapat dikirimkan melalui email ke alamat kontak@sos.or.id dengan format: judul video #DiaIbu – SOS Children’s Villages Indonesia.

Informasi tentang Kompetisi Film Pendek bertema #DiaIbu bisa dilihat disini: Klik

Bedah film dan  diskusi serupa rencananya akan diadakan di beberapa kampus di Jakarta pada Januari 2018. Peran kaum muda Indonesia melalui berbagai media kreatifitas diharapkan menjadi pendukung dalam pembentukan lingkungan yang lebih baik bagi pengasuhan anak-anak di Indonesia. Pastikan kamu dan teman muda lainnya menjadi salah satu pemenang pada kompetisi ini. #ayobuatfilmpendek 

  • Atas
  • Cetak