Lebih dari 90% pendanaan program SOS Children’s Villages Indonesia selama ini berasal dari SOS Children’s Villages Internasional dan PSA ( Promoting and Supporting Association ). Untuk lebih mengembangkan program yang telah dicanangkan, SOS Children's Villages Indonesia berusaha menjangkau dan mengembangkan kegiatan penggalangan dana publik dengan meluncurkan program Telefundraising yang dimulai sejak Maret 2017


Q: Apakah Program Sahabat SOS ? 
A: 
Program Sahabat SOS adalah program penggalangan dana untuk publik yang ingin mendukung SOS Children’s Villages Indonesia dengan memberikan donasi berkesinambungan setiap bulan melalui kartu kredit atau kartu debit sebagai bentuk dukungan untuk program pengasuhan alternatif untuk anak-anak Indonesia yang telah atau terancam kehilangan pengasuhan orang tua. 


Q: Apakah Telefundraising itu ?
A: 
Telefundraising adalah program penggalangan dana yang dilakukan SOS Children’s Villages Indonesia melalui komunikasi langsung dengan para calon donor via telephone. Pihak kami akan menghubungi para calon donatur melalui TF Call Center kami melalui no berikut :
( 021 ) 8066 -2100 hari senin s/d jum’at pukul 09:00 – 17:00 WIB
SOS Children’s Villages bekerjasama dengan SG Global Support Services Sdn Bhd (SG) dan PT Karya Lentera Mandiri ( KLM ) yang merupakan bagian dari perusahaan marketing dan telah menjadi mitra SOS untuk pengumpulan dana dari publik.​


Q: Bagaimana jika ingin berdonasi dan menjadi sahabat SOS ?
A: 
SOS Children’s Villages Indonesia menerapkan kebijakan no cash policy bagi para agen TF  yaitu kebijakan untuk tidak menerima donasi dalam bentuk tunai. Selain untuk kenyamanan dan keamanan bagi donatur, juga untuk menjaga transparasi dari setiap donasi yang terkumpul. SOS Children’s Villages Indonesia menjamin keamanan data individu yang mendaftar sebagai Sahabat SOS. Semua data yang masuk, langsung diterima oleh tim khusus database kami untuk diteruskan kepada bank.


Q: Mengapa menggunakan Kartu Kredit/Kartu Debit dalam pengumpulan donasi?
A: 
SOS Children’s Villages menerapkan NO CASH POLICY dimana fundraiser dilarang menerima donasi berupa uang tunai dari publik. Hal ini selain untuk keamanan dan kenyamanan donatur, juga untuk menjamin transparansi dalam pengumpulan donasi karena setiap transaksi tercatat oleh bank.

Q: Bagaimana jika kami ingin berdonasi dengan cara transfer? 
A: 
Donasi bisa dengan mudah dilakukan dengan Debit Kartu Kredit yang berlogo VISA atau Master , jika Bapak/ Ibu tidak memiliki kartu kredit bisa dilakukan dengan cara TRANSFER ke rekening :
Nama Bank : BCA Cabang Sudirman
No Rekening : 0353 26 9990
Pemilik Rekening : Yay. SOS Desa Taruna Indonesia
 
Nama Bank : MANDIRI  Cabang Sudirman
No Rekening : 102 000 611 4547
Pemilik Rekening : Yayasan SOS Desa Taruna Indonesia
 
Nama Bank : BNI’46 Cabang Margonda 
No Rekening : 028 390 8053
Pemilik Rekening : Perwakilan Yayasan SOS Desa Taruna Indonesia
 
Nama Bank : BRI Cabang Sudirman
No Rekening : 0359 01 000 792 307
Pemilik Rekening : Perwakilan Yayasan SOS Desa Taruna Indonesia


Q: Apakah aman berdonasi melalui agen Telefundraising ( TF )?
A: 
SOS Children’s Villages dan partner yang terlibat dalam program ini menjamin keamanan data individu yang menjadi donatur lewat program Sahabat SOS. 
Semua percakapan yang dilakukan dengan agen telefundraiser kami otomatis terekam dan tercatat legal secara hukum, jadi dijamin keamanannya
Semua data yang masuk, langsung diterima oleh SOS Children’s Villages dan di proses oleh tim khusus database untuk kemudian diteruskan kepada bank.


Q: Mengapa perlu mendukung SOS Children’s Village Indonesia secara berkelanjutan?
A: 
Sebagai organisasi nirlaba, SOS Children’s Villages Indonesia sangat bergantung kepada donasi dari seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap menjalankan program-programnya. Donasi berkelanjutan setiap bulan atau perenam bulan memungkinkan SOS Children’s Villages untuk mendapatkan dana yang tetap dan terprediksi, sehingga dapat dikembangkan dan dimanfaatkan bagi kelangsungan program anak jangka panjang. Dilain sisi, donasi bulanan atau perenam bulan merupakan cara yang efektif untuk mengurangi biaya administrasi (seperti biaya pos, penyediaan kertas kerja dan sebagainya) sehingga setiap rupiah yang disumbangkan dapat dipergunakan semaksimal mungkin untuk program pengasuhan anak SOS Children’s Villages Indonesia.


Q: Untuk apa saja donasi yang didapatkan dari para donatur ?
A: 
Donasi yang didapat digunakan sepenuhnya untuk menjalankan program SOS Children’s Villages dan disesuaikan dengan kebutuhan. Menurut audit keuangan yang dilakukan SOS Children’s Villages tahun 2011 dana donasi yang digunakan untuk program support hanya 10%.


Q: Selain melalui aktivitas pengumpulan dana ini, dari mana SOS Children’s Villages mendapatkan dana selama ini?
A: 
Selama ini SOS Children’s Villages Indonesia mendapatkan sebagian besar dana dari SOS Children’s Villages Internasional. Lebih dari 60% dana ini berasal dari individu-individu seperti Bapak/ Ibu yang berjumlah jutaan orang di seluruh dunia.


Q: Apakah donor mendapatkan laporan dari donasi yg terkumpul?
A: 
YA. Setiap tahun SOS Children’s Villages diaudit oleh lembaga audit independen. Laporan akan dikirim setiap tahun kepada seluruh Sahabat SOS. 

Q: Apa saja yang didapatkan oleh Sahabat SOS ketika menyatakan dukungannya untuk berdonasi secara berkelanjutan?
A: 
SOS Children’s Villages menyalurkan seluruh dana yang didapat dari program donasi untuk program pengasuhan anak. Sahabat SOS akan mendapatkan berita berkala tentang program yang sedang dijalankan oleh SOS Children’s Villages.


Q: Apa yang terjadi setelah calon donor setuju untuk menjadi sahabat SOS ?
A:

1. Setelah pendebitan pertama berhasil, pihak SOS Children’s Villages akan mengirimkan Surat Konfirmasi (melalui pos/email). 
2. Secara rutin setiap bulannya, Sahabat SOS akan menerima email yang berisikan informasi kegiatan, undangan event, laporan program, aksi global/nasional serta update berita sosial media.


Q: Bagaimana jika donatur ingin menghubungi SOS Children’s Villages Indonesia ?
A: 
Bapak/ Ibu dapat menghubungi tim Donor Service dengan alamat sbb :
SOS Children’s Villages Indonesia
Telephone:  021 – 8066 2166 ( Hotline )
Setiap hari kerja ( Senin – Jum’at ) Pukul 09:00 – 17:00 WIB
E-mail : desaanakSOS@sos.or.id


Q: Bagaimana cara stop donasi? 
A: 
Sahabat SOS dapat menghubungi Donor Service kami pada hari dan jam  kerja. SOS Children’s Villages tidak memiliki sistem pencatatan untuk membatalkan donasi secara otomatis, sehingga Sahabat  SOS yang harus menghubungi Donor Service untuk pembatalan. Sahabat SOS dapat membatalkan donasinya sewaktu-waktu, akan tetapi SOS Children’s Villages memiliki banyak program yang membutuhkan komitmen jangka panjang, sehingga kami sangat berharap Sahabat dapat terus bersama kami dalam jangka waktu panjang.
  • Atas
  • Cetak